Prediksi Soal Uji Kompetensi Guru 2012

1. SCL adalah salah satu inovasi di bidang pendidikan yang bercirikan:
a. Menekankan transfer pengetahuan dari guru ke siswa,
b. Lebih menekankan pada penguasaan materi,
c. Penekanan pada pencapaian kompetensi,
d. Proses pembelajaran dan penilaian dilakukan secara terpisah,
e. Penekanan pada ketuntasan materi pelajaran.

2. Pemilihan model pembelajaran sangat bergantung pada:
a. Sarana-prasarana,
b. Siswa,
c. Kurikulum,
d. Guru,
e. Semuanya benar.

3. Perkembangan teknologi informasi sangat mempengaruhi:
a. Perkembangan model pembelajaran,
b. Cara belajar siswa,
c. Cara mengajar guru,
d. Perkembangan bahan ajar,
e. Semuanya benar.

4. Model pembelajaran yg meminta siswa u/ mengurutkan danmenjelaskan gambar setelah guru menyampaikan materi adalah:
a. Cooperative Script,
b. Metode Jigsaw,
c. Snowball Throwing,
d. Problem Solving,
e. Picture and Picture.

5. Model pembelajaran yang mengedepankan kerjasama sesama guru sertamelakukan perencanaan, praktek mengajar, observasi Refleksi/kritikanterhadap pembelajaran adalah:
a. Lesson Study,
b. Cooperative Script,
c. Metode Jigsaw,
d. Snowball Throwing,
e. Inquiry.

7. Model pembelajaran dengan cara membuat pertanyaan yang dituliskanpada kertas lalu diberikan pada ketua kelompok untuk dilempar ke siswalain untuk dijawab adalah:
a. Lesson Study,
b. Cooperative Script,
c. Metode Jigsaw,
d. Snowball Throwing,
e. Inquiry.

8. Model pembelajaran dimana guru membagi topik tertentu menjadi beberapasubtopik, selanjutnya membagi siswa ke dalam kelompok belajarkooperatif, setiap anggota bertanggungjawab terhadap penguasaan setiapsubtopik, adalah:
a. Lesson Study,
b. Cooperative Script,
c. Metode Jigsaw,
d. Snowball Throwing,
e. Inquiry.

9. Model pembelajaran yang mempunyai kelebihan mendorong siswa berpikirsecara ilmiah, kreatif, intuitif dan bekerja atas dasar inisiatif sendiri,menumbuhkan sikap objektif, jujur dan terbuka, adalah:
a. Role Playing,
b. Inquiry,
c. Problem Solving,
d. Picture and Picture,
e. Metode Jigsaw.

10. Model pembelajaran yang menggunakan gambar dan dipasangkan /diurutkan menjadi urutan logis, adalah:
a. Role Playing,
b. Inquiry,
c. Problem Solving,
d. Picture and Picture,
e. Metode Jigsaw.

11. Model pembelajaran yg mempunyai keunggulan antara lain; berpikir danbertindak kreatif, memecahkan masalah yg dihadapi secara realistis,merangsang perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk menyelesaikanmasalah yg dihadapi dgn tepat, adl:
a. Role Playing,
b. Inquiry,
c. Problem Solving,
d. Picture and Picture,
e. Metode Jigsaw.

12. Beragam teknik penilaian dapat dilakukan untuk mengumpulkaninformasi tentangkemajuan belajar siswa, baik yang berhubungan denganproses belajar maupun hasil belajar. Teknik-teknik penilain tersebut adalahsebagai berikut, kecuali:
a.Penilaian unjuk kerja
b. Penilaian sikap
c. Penilaian observasi langsung
d. Penggunaan tertulis

13. Dalam Soal tes tertulis peserta didik tidak selalu merespon dalambentuk menulis jawaban tetapi dapat juga dalam bentuk yang lain sepertiberikut, kecuali:
a. Memberi tanda
b. Mewarnai
c. Membaca
d. Menggambar

14. Tes tertulis dalam bentuk mensuplai jawaban dapat dibedakan, kecualimenjadi:
a.multiple choice
b. isian
c. jawaban singkat
d. uraian.

15. Tes ini dapat digunakan untuk menilai kemampuanberfikir tinggi !
a. tes sebab-akibat
b. tes benar – salah
c. tes menjodohkan
d. tes pilihan ganda.

16. Tes tertulis bentuk ini merupakan alat penilaian yang menuntut pesertadidik untuk mengingat, memahami, dan mengorganisasikan gagasannyaatau hal-hal yang telah dipelajarinya.
a. jawaban singkat
b. uraian
c. isian
d. pilihan ganda.

17. Dalam menyusun alat penilaian tertulis perlu dipertimbangkan hal-halberikut, kecuali .........
a. jumlah item
b. karakteristik mata pelajaran
c. materi
d. konstruksi

18. Tes pilihan ganda memiliki beberapa kekurangan diantaranya tersebutberikut ini, kecuali .........
a.peserta didik tidak mengembangkan sendiri jawabannya
b. menimbulkan kecenderungan anak didik tidak belajar
c. kurang dapat untuk memodifikasi kegiatan pembelajaran
d. banyak digunakan untuk penilaian ketrampilan berbahasa secaraformal.

19. Kelemahan tes tertulis bentuk uraian antara lain .....
a. peserta didik dapat mengekspresikan gagasan atau pendapatnya
b. dapat menilai berbagai jenis kompetensi
c. cakupan materi yang ditanyakan terbatas
d. peserta didik dituntut untuk mengemukakan pendapatnya dengankata-katanya sendiri.

20. Keberhasilan pembelajaran bergantung pada beberapa hal, kecuali ....
a. efektifitas penilaian kelas
b. cost benefit yang besar
c. perancangan penilaian secara sistemasis
d. perlakuan penilaian yang secara terus-menerus danberkesinambungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar